Popular posts

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About

Mega Pratiwi 4C Reguler A On Selasa, 21 Januari 2014

       Jika larutan hydrogen klorida diteteskan pada kertas lakmus biru, kertas
itu akan berubah menjadi merah. Berarti,hydrogen klorida bersifat asam.Begitu pula jika air aki diteteskan di kertas lakmus biru, lakmus biru akan berubah menjadi merah.Air aki mengandung asam sulfat yang bersifat asam.Asam berkaitan dengan salah satu tanggapan indra pengecap kita terhadap suatu rasa masam.

        Kata asam berasal dari bahasa latin, yaitu acidus yang berarti masam.Senyawa asam banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti pada makanan dan minuman.Selain, senyawa asam ditemukan pula dalam lambung yaitu asam klorida yang berfungsi membunuh kuman.



Jika hydrogen klorida (HCl) dilarutkan dalam air, senyawa itu akan terurai membentuk ion H+ dan Cl-, persamaan reaksinya dituliskan sebagai berikut,

HCl (aq) + H2O (aq) ion H+ (l) + ion Cl- (l)

Senyawa asam sulfat (H2SO4) jika dilarutkan dalam air akan terurai membentuk ion H+ dan SO42-, persamaan reaksinya dituliskan sebagai berikut:

H2SO4 (aq) + H2O (aq ) 2 ion H+ (l) + ion SO42- (l)


     Dari kedua persamaan reaksi di atas , diperoleh ion yang sama, yaitu H+.Hidrogen yang bertanda positif itu disebut ion hydrogen. Kesimpulannya adalah, ciri senyawa yang bersifat asam adalah menghasilkan ion H+ jika dilarutkan dalam air.Ion H+ pada kedua senyawa tersebut berasal dari atom H yang terdapat di dalamnya.