Popular posts

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About

Mega Pratiwi 4C Reguler A On Selasa, 21 Januari 2014

     Indikator adalah suatu senyawa kompleks yang dapat bereaksi dengan asam dan basa. Untuk menentukan sifat asam atau basa, kamu dapat menggunakan indicator bahan alam yang berwarna, seperti kulit manggis, kunyit, dan bunga kembang sepatu.Caranya, bahan-bahan tersebut dihaluskan dan diberi air sehingga diperoleh ekstrak bahan alam sebagai indicator alami.
 
     Ekstrak kunyit yang dilarutkan dalam air pada keadaan netral akan berwarna kuning.Jika ditetesi larutan asam, warna kuning tersebut akan berubah menjadi kuning cerah, sedangkan jika ditetesi larutan basa, warna kuning akan berubah menjadi jingga kecoklatan.




      Ekstrak kulit manggis pada keadaan netral berwarna ungu.Jika ditetesi larutan asam, warna ungu berubah menjadi coklat kemerahan dan jika ditetesi larutan basa akan berubah menjadi biru kehitaman. Bunga kembang sepatu yang digerus dengan sedikit air pada keadaan netral akan berwarna merah (coklat sedikit ungu jika sudah kering), jika ditetesi larutan asam akan berwarna merah cerah, dan menjadi hijau jika ditetesi larutan basa.


    
      Ekstrak kubis ungu juga dapat digunakan untuk menentukan sifat suatu larutan . Kubis ungu akan memperlihatkan perubahan warna sesuai kekuatan sifat asam maupun sifat basa.